Visi dan Misi

Binus mencanangkan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas dosen maka setiap dosen bertugas untuk melakukan Catur Dharma yakni, pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, serta pengembangan diri. Sebagai salah satu aspek catur dharma, dosen di Binus diharapkan ikut serta membangun masyarakat, dan dalam waktu bersamaan dapat meningkatkan kualitas dosen sesuai keahliannya dan memberikan manfaat yang tidak tunggal yakni bermanfaat dalam mengembangkan pengetahuan mahasiswa berdasarkan kasus di lapangan.

Binus mendorong terjadinya transfer inovasi dan teknologi kepada masyarakat yang berguna bagi pembangunan ekonomi bangsa Indonesia dan mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi pertumbuhan pengetahuan dan wawasan bangsa di dunia.

Binus mendorong dosen untuk melakukan kegiatan yang mampu memberikan solusi bagi masyarakat serta meningkatkan martabat bangsa dan melestarikan budaya dan sumber daya alam.
Binus memberikan keleluasaan bagi dosen untuk memberikan solusi kepada persoalan masyarakat melalui kajian kajian akademik.

Untuk melaksanakan Pengabdian Pada masyarakat yang memiliki nilai nilai budaya yang luhur maka Binus mencanangkan Visi dan misi sebagai berikut:

Visi Universitas Bina Nusantara
Visi Universitas Bina Nusantara adalah A World Class University in continuous pursuit of innovation and enterprise.

Adapun penjelasan dari visi di atas adalah sebagai berikut:

  • World-class diartikan bahwa Universitas Bina Nusantara akan menghasilkan contoh-contoh terbaik atau best practices yang kualitasnya diterima di lingkungan internasional baik dalam process pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
    University diartikan sebagai peran Universitas Bina Nusantara sebagai perguruan tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidang ilmu masing-masing dan perkembangan ilmu pengetahuan tersebut sehingga dapat memberikan nilai tambah ekonomis dalam penerapannya di masyarakat.
  • Innovation merupakan penerapan dari ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh Universitas Bina Nusantara baik berupa terobosan baru maupun pengembangan ilmu pengetahuan yang telah ada sehingga dapat menciptakan nilai tambah yang kompetitif bagi para pemangku kepentingan (stakeholders).
  • Enterprise adalah praktek-praktek bisnis yang inovatif yang dihasilkan oleh Universitas Bina Nusantara sehingga dapat menginiasikan perubahan-perubahan positif pada seorang individu ataupun sebuah organisasi agar dapat meningkatkan kontribusi individu ataupun organisasi tersebut pada dunia internasional.

Misi Universitas Bina Nusantara
Misi utama Universitas Bina Nusantara adalah berkontribusi pada komunitas masyarakat global melalui pendidikan berkelas dunia.

Dalam upaya mencapai misinya, Universitas Bina Nusantara telah menetapkan misi operasional sebagai berikut:

  • Memberikan pengakuan dan penghargaan kepada talenta – talenta yang kreatif dan memberikan nilai tambah.
  • Menyediakan pengalaman pengajaran, pembelajaran dan penelitian bertaraf dunia yang menekankan pada keunggulan dalam penemuan ilmu pengetahuan, inovasi dan kewirausahaan.
  • Menyelenggarakan layanan professional melalui penekanan berbasis penerapan ilmu pengetahuan di masyarakat.
  • Menghasilkan leader (pemimpin) komunitas global yang unggul.
  • Meningkatkan kualitas hidup bagi bangsa Indonesia dan komunitas global.