Ditjen Diktiristek Gelar Pameran Inovasi Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi di Indonesia telah menghasilkan berbagai produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk mempresentasikan inovasi anak Bangsa kepada masyarakat luas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menyelenggarakan pameran inovasi pendidikan tinggi di gedung D Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi . pada 5 – 6 Januari 2022.

Tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta berpartisipasi dalam pameran ini, antara lain Universitas Binus, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gunadarma, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Inovasi berupa robot lainnya juga dibawa oleh Binus University dengan karya NAYAKALARA. Ini merupakan inovasi berbentuk robot yang bisa digunakan sebagai food delivery, monitoring robot, dan disinfectant robot. Sampai saat ini robot-robot karya mahasiswa Binus tersebut sudah diproduksi hingga 20 buah dan sudah didonasikan ke 9 Rumah Sakit yang membutuhkan.

Widodo Budiharto dari Binus University pun menuturkan bahwa kampus sangat membutuhkan dukungan baik itu dari pemerintah maupun semua pihak terkait supaya karya anak bangsa mampu dikenal secara lebih luas.

 

“Harapannya produk kami dapat diproduksi secara massal oleh pemerintah maupun perusahaan yang ingin mewadahi inovasi yang sudah diberikan oleh karya anak bangsa. Sehingga dapat meminimalisir biaya dalam produksi yang akan menghasilkan produk dengan biaya terjangkau,” tegasnya.

Sumber Laman: www.diktiristek.kemdikbud.go.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *