HARI KEBANGKITAN NASIONAL, SEBUAH MIMPI MEMBINA DAN MEMBANGUN MASYARAKAT

Jakarta, 16 Mei 2023– Setiap tanggal 20 Mei 2023 bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional sebagai sebuah peringatan atas perjuangan Bangsa Indonesia untuk berjuang meraih kedaulatan dan dimulai sejak tahun 1908. Hari Kebangkitan Nasional berakar dari dua peristiwa besar yang menjadi titik perjuangan kemerdekaan Indonesia, yaitu Peristiwa Pendirian Organisasi Budi Utomo (pada tanggal 20 Mei 1908) dan Peristiwa Sumpah Pemuda (pada tanggal 28 Oktober 1928). Kedua faktor tersebut mendorong terciptanya gerakan yang dipimpin kaum-kaum intelektual dalam membangkitkan semangat nasionalisme dalam persatuan bangsa yang merdeka, berdaulat dan berkesinambungan dalam menghadapi setiap tantangan maupun permasalahan bangsa yang terjadi.

Kebangkitan Nasional juga dapat diartikan sebagai kesadaran kolektif Bangsa Indonesia dan ungkapan tentang nasionalisme. Untuk itu diperlukan perubahan pola pikir serta tindakan nyata dalam memahami nilai-nilai nasionalisme. Dalam momen Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut, Unit Community Development Academic (CDA) Binus University mengajak seluruh akademika Binus University (dosen maupun mahasiswa), komunitas binaan serta seluruh masyarakat di sekitar lingkungan Binus University untuk turut meramaikan dan berkontribusi dalam kegiatan menyambut Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2023 yang lalu.  Dengan mengusung tema “Fostering & Empowering, CDA Binus University bersemangat untuk mengambil bagian dari kegiatan mendukung pemerintah dalam meningkatkan pembangunan nasional, menggalakan nilai-nilai luhur bangsa melalui penguatan fungsi keluarga, serta mengembangkan pendidikan nasional yang berkelanjutan dan mampu menghasilkan SDM yang berkualitas, mandiri dan menjunjung tinggi kemitraan nasional maupun internasional.

Kegiatan ini berlangsung secara hybrid bertempat di Auditorium Kampus Binus Anggrek Jl. Kebun Jeruk raya no 27 Kebun Jeruk, Jakarta Barat, dan juga berlangsung secara online melalui aplikasi ZOOM oleh Multisite kampus yang terkoneksi dengan Kampus Pusat Jakarta, namun tetap partisipan menghadiri acara di berbagai Kampus Binus di luar kota seperti  Kampus Binus Malang, Binus Bandung, Binus Bekasi, Binus Alam Sutera, Binus Semarang, Binus Online learning Palembang. Acara menyambut Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini terdiri dari dua sesi yang terdiri dari sesi pertama (Sesi Pagi) dan sesi kedua (Sesi Siang) yang dibuka oleh Ibu Dr. Retno Dewanti selaku Manager CDA Binus University yang mewakili Bapak Johan, S. Kom., M.M, CDMS selaku Vice Rector Student Affairs and Community Development. Sesi pertama dalam kegiatan ini terdiri dari Welcoming Speech yang dibawakan oleh Bapak Mahyudin SH. MH dari BAWASLU, sosialisasi tata cara Pemilu yang transparan dan demokratis yang disampaikan oleh Bapak Oding Junaidi SH selaku Ketua BAWASLU Jakarta Barat, Ibu Fitriani, M.Pd selaku anggota BAWASLU serta materi yang dibawakan oleh Keynote Speaker BAWASLU RI, Bapak Can. Dr. Puadi S.M. PdMM dan Ibu Wahidah Suaib, S.Pd, MM yang membawakan materi dengan judul “Mendorong Pemilu Berintegritas Melalui Partisipasi Kritis Masyarakat”. Selain materi dari BAWASLU, pada sesi pertama yang dihadiri oleh 467 orang ini juga diisi oleh Bapak Drs. Darwoto M.Si, selaku Sekretaris Dinas PPAPP DKI Jakarta yang membawakan materi dengan judul “Penguatan 8 Fungsi Keluarga” yang membahas pentingnya nilai-nilai dan fungsi keluarga dalam membangun karakter Bangsa Indonesia.

            Untuk sesi kedua (sesi siang hari), ditujukan untuk peningkatan inovasi dalam membangun kualitas dan mutu UMKM. Dalam sesi kedua, narasumber yang hadir antara lain Dr. Ir. Ing. Mahir Bayasut ST, MM-CSR (Head of Corporate Social Responsibility KADIN DKI Jakarta), Ibu Nirmala SH, MCL (dosen Binus University Business Law), dan Mr. Jim Lim Shien Min (Head of Marketing dari Zulhke Group) serta Ibu Dr. Pantri Heriyati (Centre for Business and Empowerment Binus University) yang menjadi moderator dalam sesi kedua ini. Dalam sesi kedua ini juga, sebanyak 62 UMKM aktif mendapat pendampingan oleh 137 Dosen untuk bisa lebih mengembangkan bisnis dan produknya sehingga diharapkan UMKM tersebut dapat lebih melebarkan sayapnya dalam kancah perdagangan baik nasional maupun internasional. (PUTI)