Pengembangan Eco-Green Pada Hutan Kota Srengseng Oleh Mahasiswa Binus University dan Singapore Polytechnic Pada Program Learning Express (LeX)

Jakarta,15 Maret 2023– Program Learning Express (LeX) kembali terselenggara dengan penuh antusias dari mahasiswa dan masyarakat. Program yang merupakan kolaborasi antara Binus University dan Singapore Polytechnic ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dari kedua universitas untuk bekerja dalam kelompok dan terlibat langsung dengan masyarakat untuk mengumpulkan data dan menerima pelatihan mengenai pemikiran desain. Program yang terselenggara mulai dari tanggal 6 – 17 Maret 2023 ini dimaksudkan agar mahasiswa dari kedua Institusi Pendidikan terkait (Binus University dan Singapore Polytechnic) dapat mengikuti berbagai lokakarya dan seminar yang berfokus untuk membantu para mahasiswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan meningkatkan pengembangan profesional mereka.

            Salah satu kegiatan yang dilakukan pada program LeX ini adalah dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat salah satunya melalui kegiatan pengembangan eco-green pada Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat. Kegiatan ini akan meningkatkan pemahaman konsep untuk membantu mahasiswa memperoleh informasi yang holistik sehingga proses pengembangan prototipe dapat dilakukan dengan baik. Para mahasiswa didampingi oleh fasilitator dari BINUS University dan Singapore Polytechnic untuk membantu mengembangkan dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif. Kemampuan para mahasiswa untuk menerapkan pemikiran desain dan menghasilkan prototipe yang berpotensi memecahkan masalah masyarakat sangat menjanjikan. Mahasiswa BINUS University dan Polytechnic Singapore memiliki 5 proyek kreatif yang dapat membangun Hutan Kota Srengseng baik dari segi infrasturktur maupun perekonomian agar bisa menjadi lebih menarik, lebih rapi, lebih tertata, serta berdaya saing dibandingkan hutan atau taman kota lainnya.  Pimpinan Pengawas Hutan Kota Srengseng, Pak Tambok Pahala, berharap program ini dapat diimplementasikan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya sekitar Hutan Kota Srengseng.  (PUTI)