Paradigma Penggunaan Media Sosial Dalam Strategi Pengembangan Industry Hospitality di Indonesia

Jakarta,2 Maret 2023– Media sosial saat ini telah menjadi salah satu komoditas masyarakat dalam berkomunikasi untuk terus saling terhubung. Pemanfaatan media social dalam pemasaran digunakan untuk dapat menarik perhatian audiens melalui konten yang didistribusikan kepada public melalui laman media social. Dikutip dalam Buffer, pemasaran media social adalah strategi penggunaan jejaring media social untuk terhubung dengan public sehingga dapat membangun citra merek, meningkatkan penjualan dan menarik trafik situs web. Saat ini berbagai industri telah menerapkan pemasaran media social sebagai strategi promosi dan komunikasi dengan masyarakat. Pertumbuhan Industri perhotelan pada saat ini semakin bertumbuh, untuk industry ini sendiri dibutuhkankan strategi yang tepat untuk bisa tetap bertahan karena semakin banyak nya pesaing. Untuk menarik minat beli tamu dibutuhkan stategi promosi yang tepat baik secara offline maupun online. Pada saat ini pengguna media sosial semakin meningkat hal ini bisa menjadi peluang bagi industry perhotelan untuk menarik lebih banyak tamu.

 

Melihat perkembangan pemasaran media social yang semakin pesat tersebut maka Community Development Academic (CDA) Binus University berkerjasama dengan BPD PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Jakarta tergerak untuk menyelenggarakan rangkaian pelatihan pemasaran social media dan CRM (Customer Relationship Management) secara online (daring) mulai dari tanggal 2 Maret 2023 sampai dengan bulan April 2023. Materi pelatihan pertama diberikan oleh ibu Riana Jogi Ahdareni Matondang, S.Ikom., M.I.kom selaku dosen program studi komunikasi pemasaran Binus University dengan judul “Introduction to Social Media in 2023”.

Terdapat berbagai manfaat yang didapat apabila perusahaan mengoptimalisasi media sosial untuk pemasaran, diantaranya:

  1. Media promosi dalam melakukan pemasaran terhadap produk perusahaan
  2. Pemasaran media sosial meminimalkan biaya pemasaran
  3. Media sosial menjadi sarana komunikasi dan informasi antara perusahaan dengan publiknya
  4. Konten pemasaran disesuaikan dengan target perusahaan
  5. Menjadi media penghubung antara perusahaan dengan konsumen
  6. Membangung citra perusahaan melalui pemasaran media sosial

Melalui pelatihan pemasaran media social ini, hotel maupun restoran pada hospitality industry di Indonesia diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan komunikasi dan promosi melalui media social agar menarik minat beli konsumennya. (PUTI)