Wangun Trail Run Sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata

Untuk menjadi sebuah desa wisata perlu adanya sinergi yang positif antara komunitas dan warga sekitar dalam menggali potensi-potensi pariwisata yang dapat dikembangkan menjadi keunggulan desa. Kesadaran akan kekayaan alam, sejarah, seni, budaya dan ilmu pengetahuan yang dimiliki menjadi tahap awal yang baik untuk melakukan pemetaan pengembangan desa wisata. Desa Pasir Mulya yang terletak di lereng utara Gunung Puntang, Kabupaten Bandung  merupakan salah satu desa binaan Binus University yang berupaya untuk menjadi destinasi wisata  unggulan dan mampu meningkatkan taraf perekonomian warga sekitar. Oleh karena kesadaran akan hal tersebut, Desa Pasir Mulya berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Wangun Trail Run sebagai bagian dari upaya masyarakat agar senantiasa terlibat dalam pembangunan Kabupaten Bandung dan pemanfaatan alam agar dapat terus dilestarikan. Trail run adalah olahraga lari yang melintasi alam bebas dengan jalur yang melalui kawasan pegunungan, bukit dan hutan.

Wangun Trail Run yang diselenggarakan pada 9 Oktober 2022 menyuguhkan sejumlah rangkaian kegiatan seperti bazaar produk-produk UMKM desa Pasir Mulya, pertunjukan musik, pertunjukan seni Sesingaan Depok, panjat pinang, permainan tangkap bebek dan pertandingan voli. Bagi para pengunjung dari luar kabupaten tidak perlu khawatir dan bingung memikirkan penginapan karena warga desa wangun menyediakan homestay yang dapat disewa oleh pengunjung. Hal ini merupakan strategi untuk menjalin interaksi antara pengunjung dengan lingkungan sekitar.

Menurut Erwin Sunendar Ketua Karang Taruna Desa Pasir Mulya, trail run ini dibagi menjadi 2 klasifikasi yaitu Trail Run 3 Kilometer yang dapat diikuti oleh warga sekitar dan Long Course Trail Run dengan jarak tempuh sepanjang 17 kilometer yang diperuntukkan bagi para pelari dari dalam dan luar kota Bandung. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang kerjasama dengan industri dan lembaga pendidikan untuk menjadikan Desa Pasir Mulya menjadi desa wisata. Binus University melalui Community Development Academic (CDA) berkomitmen untuk konsisten membina dan memberdayakan desa Pasir Mulya sebagai desa wisata budaya dan desa yang mandiri secara ekonomi. (PUTI)