Binus Bantu Pembangunan Manajemen Pariwisata Objek Wisata Favourite Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Jakarta, 25 April 2022 – Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat TMII adalah salah satu objek wisata favourite masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar daerah Jabodetabek. TMII terletak di Jakarta Timur dan dibangun di atas tanah seluas 150 hektar, merupakan salah satu objek wisata terbesar di Indonesia. Di TMII, anda bisa melihat gambaran kebudayaan nusantara karena TMII memang difungsikan sebagai taman rekreasi yang berupa miniature gambaran Indonesia. Di sana, terdapat sebuah danau dengan ilustrasi kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya itu, di Taman Mini Indonesia Indah juga wisatwan bisa melihat diorama kebudayaan khas tiap provinsi di Indonesia yang dipamerkan di mulai dari tarian daerah, pakaian adat, rumah ibadah tiap agama resmi di Indonesia. Wisatawan juga dimanjakan dengan atraksi wisata berbagai museum yang menampilkan pengetahuan dan informasi,seperi pada Museum Transportasi, Museum Kepajuritan Indonesia, Museum Olahraga, Indonesia Science Center, Museum Indonesia, dan lain sebagainya.

Selain untuk menambah pengetahuan dan menambah informasi, TMII juga dilengkapi dengan atraksi wisata hiburan keluarga seperti Taman Legenda TMII, Istana Anak dan Keong Mas. Keberadaan TMII sebagai objek harus mendapat perhatian dalam pengelolaan dan pengembangan manajemen pariwisata agar dapat terus berkelanjutan.

Menurut WTO (World Tourism Organization), pembangunan pariwisata berkelanjutan merupakan sebuah proses dan sistem pengembangan pariwisata yang bisa menjamin keberkelanjutan atau keberadaan sumber daya alam dan kehidupan sosial-budaya serta memberikan manfaat ekonomi kepada generasi sekarang hingga generasi yang akan datang guna memberantas atau mengentasakan kemiskinan. Masih menurut WTO, untuk dapat mencapai pariwisata berkelanjutan, maka pembangunan pariwisata seharusnya memiliki beberapa indicator, diantara:

  1. Lingkungan

Lingkungan yang sehat, bersih, rapi dan terjaga dengan baik akan menjadikan acuan dalam mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di objek wisata

  1. Produk Pariwisata

Produk wisata berupa atraksi wisata yang ditawarkan oleh objek wisata akan dapat mempengaruhi pembagunan pariwisata berkelanjutan

  1. Kemitraan dan Partisipasi Masyarakat

Dalam pembangunan pariwisata keterlibatan masyarakat sangat berpengaruh terhadap kemajuan obyek wisata

Untuk dapat mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan yang sejalan dengan indicator tersebut pada obyek wisata di Taman Mini Indonesia Indah, maka pihak manajemen Taman Mini Indonesia Indah melangsungkan kerjasama dengan Bina Nusantara University. Kerjasama yang berlangsung pada tanggal 25-26 April 2022, berisi pelatihan manajemen pariwisata yang bisa diterapkan untuk dapat mewujudkan pembangunan wisata berkelanjutan, dengan tema “Fostering Taman Mini Indonesia Indah”.

Dalam pelatihan ini, Bapak Rudi, SE, MT dan Ibu Sabaria Catharin Debora, M.Si, selaku dosen Binus memaparkan materi pelatihan “Sistem Manajemen Mutu Organisasi Berbasis ISO 9001: 2015 & Malcolm Baldrige”. Dalam materi pelatihan tersebut dijelaskan mengenai cara membuat dan mengelola system manajemen bisnis yang sesuai dengan standar ISO yang telah diterapkan di seluruh dunia. Selain itu dibahas juga mengenai “Business Excellent Perfomance” sehingga TMII bisa menerapkan performa bisnisnya ke tingkat yang lebih baik.

 

Melalui pelatihan ini, diharapkan manajemen TMII bisa semakin meningkatkan kualitas dan produktivitasnya agar bisa memiliki daya saing sebagai objek wisata yang menerapkan manajemen pariwisata berkelanjutan. (PUTI)