Binus Bangun Desa Mendorong Program Pengembangan Produk Kreatif Bagi Desa Wisata Binaan Binus University

Bandung, 16 Juli 2022- Pariwisata di Indonesia saat ini telah dianggap sebagai salah satu motor penggerak ekonomi bangsa. Hal tersebut disadari karena perkembangan pariwisata di Indonesia juga mempengaruhi perkembangan sector-sektor terkait seperti jasa perjalanan wisata, akomodasi, transportasi wisata, produk lokasl unggulan, dan lain sebagainya. Selain itu, pariwisata di Indonesia juga memberikan dampak positif terhadap pembangunan suatu daerah atau desa tertentu.

Keberhasilan pembangunan dan pengembangan pariwisata juga tidak terlepas dari adanya peran dari SDM pariwisata. Pengembangan pariwisata tersebut tentunya memerlukan pemahaman yang selaras dan sejalan antar SDM pariwisata. Untuk itu salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman pariwisata kepada SDM pariwisata yaitu melalui Program Gerakan Sadar Wisata. Gerakan sadar wisata merupakan suatu kondisi yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh kembangnya kepariwisataan di suatu daerah atau destinasi wisata (Utami & Rahman, 2017).

Sebagai bentuk kepedulian Binus University terhadap pembangunan pariwisata Indonesia, maka Binus University menyelenggarakan program seminar dan penyuluhan “Gerakan Sadar Wisata dan Pengembangan Produk Kreatif Sebagai Daya Tarik Desa Wisata” pada tanggal 16 Juli 2022. Program tersebut berlangsung di Desa Pasirmulya yang merupakan salah satu desa wisata binaan Binus University melalui divisi Community Development Academy.

Sesuai dengan komitmen Binus University yang akan selalu mengedepankan pembangunan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat, maka Binus University mendorong masyarakat Desa Pasirmulya untuk dapat menghasilkan input produk pariwisata yang kreatif dan memiliki unsur UPS (Unique Selling Point) unggulan sebagai daya tarik pariwisata di desa tersebut.  Seminar dan pelatihan yang diberikan dalam kegiatan tersebut antara lain  pelatihan mengenai paket wisata yang dibawakan oleh Ibu Tjia Fie Tjoe, selaku Wakil Direktur Binus Bandung, pelatihan mengenai Gerakan Sadar Wisata, yang dibawakan oleh ibu Retno Dewanti selaku Manajer Community Development Academic Binus University dan pelatihan pengembangan produk kreatif sebagai daya tarik wisata yang dibawakan oleh Ibu Titi Indahyani selaku dosen program studi desain interior dari School of Design Binus University. Selain itu masyarakat desa Pasirmulya juga mendapatkan pelatihan mengenai promosi dan pemasaran sosial media untuk pariwisata yang dibawakan oleh teman-teman program mahasiswa asing Binus Global yang berasal dari negara India, Kamboja dan Somalia.

 

Acara pelatihan tersebut diikuti oleh Ibu PKK Desa Pasirmulya, remaja sadar wisata Desa Pasirmulya, para pengelola homestay di Desa Pasirmulya dan perwakilan Pokdarwis Pasirmulya. Diharapkan melalui pelatihan tersebut, para peserta yang datang bisa mendapatkan pemahaman mengenai Sadar Wisata untuk mendukung terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan perkembangan kepariwisaataan khususnya di Desa Pasirmulya. (PUTI)

#Binus University, #Binus Bangun Desa, #Pengabdian Kepada Masyarakat, #Binus, #Comdev, #Pengabdian